Islamisasi Ilmu

Oleh: Fakhor El-Faya'i
Kabid PU HMI Cabang Kediri 



Isalamisasi ilmu pengetahuan merupakan upaya menyusun kembali dua sumber ilmu pengetahuan, yaitu wahyu dan alam untuk menghindari kontradiksi di antara keduanya. Islamisasi Ilmu pengetahuan merupakan proses peralihan dari landasan sekuler menuju Islam, baik pada aspek ontologis, epistemologis maupun aksologis.
Langkah-langkah yang ditempuh oleh para ilmuwan juga berbeda. Hal ini bisa dilihat pada gagasan al-faruqi dan al-attas. Ini dikarenakan pemahaman atau pemaknaan mereka yang berbeda mengenai hakikat Islamisasi ilmu pengetahuan. Akan tetapi, kita jangan sampai terjebak kepada perbedaan tersebut, karena mereka juga mempunyai dasar-dasar sendiri. Gagasan mereka tidak ada yang salah, semuanya dicetuskan dalam rangka mengatasi kemunduran ilmu pengetahuan yang dialami umat Islam saat ini



Ada 5 prinsip yang harus dijadikan landasan ketikan melakukan islamisasi ilmu yaitu; Ke-Esaan Allah atau Tauhid, Kesatuan alam semesta, Kesatuan kebenaran dan kesatuan pengetahuan, kesatuan hidup dan kesatuan umat manusia.

0 komentar:

Posting Komentar